Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Inspirasi Desain Atmosfer Homey KLINIK ASTA MEDIKA

    Inspirasi Desain Atmosfer Homey KLINIK
    Inspirasi Desain Atmosfer Homey KLINIK
    Inspirasi Desain Atmosfer Homey KLINIK
    Inspirasi Desain Atmosfer Homey KLINIK
    Inspirasi Desain Atmosfer Homey KLINIK

    Klinik Asta Medika merupakan klinik pertama yang berlokasi di dekat ikon yang terkenal di kota jogja yaitu gerbang banteng (Plengkung Gading) atau lebih tepatnya di Jalan Mayjend Sutoyo Mantrijeron Kota Yogyakarta. Klinik yang mengutamakan kenyamanan untuk pasiennya memiliki berbagai macam fasilitas antara lain seperti Poli Umum, Poli Gigi, Homecare, Rekam Jantung, Apotek hingga Laboratorium.

    Pada kasus ini, klien menginginkan renovasi pada sebuah gedung yang berada di samping Klinik miliknya dahulu. Gedung tersebut merupakan ruko dan kemudian di renovasi khususnya pada bagian interior dan fasad bangunan. Klien ingin menambahkan beberapa ruang. Untuk lantai 1 digunakan sebagai Poli umum kemudian untuk lantai 2 digunakan sebagai Poli Gigi. Mengingat gedung yang ingin di renovasi bersebalahan dengan gedung Klinik lama, maka klien menginginkan jalan penghubung pada lantai 2 untuk akses masuk ke Poli Gigi. Kemudian pada bagian belakang gedung klien juga ingin memiliki storage yang lebih luas untuk penyimpanan barang.

    Konsep yang diangkat pada interior Klinik Asta Medika ini adalah homey kesan seperti berada di dalam rumah sendiri dengan menggunakan warna netral dan kontras. Untuk mendukung konsep yang homey, penerapan material dan perpaduan warna ruang yang terksesan nyaman. Hal yang di tonjolkan pada renovasi ini adalah wujud kenyaman dari sebuah interior klinik. Awalnya hanya sebuah ruko, kemudian di transformasikan menjadi interor klinik yang nyaman.

    Yang dibenahi pada bangunan ini adalah merubah bagian interor, kemudian membagi ruang untuk difungsikan sebagai klinik. Karena klien tidak ingin menggunakan material tembok pada setiap ruang, maka material tembok digantikan dengan partisi kaca dan kemudian dibagi menjadi 4 ruang pada lantai 1 dan 2. Dalam renovasi ini menggunakan material yang cukup simple, yaitu menggantikan material tembok menjadi partisi kaca yang di fungsikan sebagai sekat dan kemudian menggunakan keramik putih dan cat berwarna putih.

    Hal yang menarik dalam melakukan proses desain ini adalah merenovasi sebuah bangunan yang dahulunya difungsikan sebagai ruko kemudian di rubah menjadi ruang poli klinik dengan merubah material tembok sebagai sekat antar ruang menjadi partisi kaca.

    Tantangan yang dialami dalam proses desain yaitu penentuan tata letak ruang. Penentuan tersebut antara lain pengubahan zonasi ruang, dan penataan ruang interior yang sesuai dengan standar yang digunkan untuk membuat ruang klinik. Dalam proses ini, kami mencoba untuk mengembangkannya dengan melakukan analisis, sehingga tidak hanya terkesan homey namun juga di perhatikan juga aspek kenyamanannya. Hal ini menjadi suatu hal yang baru dan menarik. A+A Studio, Yogyakarta, Indonesia

    Architects, Interior & Urban Design
    Phone : 0856 4002 5773
    Email: aa.studio.indonesia@gmail.com

    Project:
    Klinik Asta Medika
    (LB : 208 m² – LT : 160 m²)
    Jl. Mayjend Sutoyo No.7, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron,
    Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain