Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Kental Nuansa Industrial Ruang Ekspresi Hugi Kahyadi

    Hugi Kahyadi Putrawan beserta keluarga
    Ruang tamu dengan dekorasi furnitur minimalis
    Kombinasi bata ekspos perkuat konsep industrial ruang keluarga
    Balutan unsur natural pada teras belakang bernuansa klasik
    Kamar tidur bernuansa putih dengan unsur kayu

    Gaya industrial saat ini tengah menjadi tren, banyak tempat yang menggunakan konsep ini karena menarik dan unik. Gaya ini juga sering diterapkan pada interior kafe dan restoran. Namun seiring perkembangan zaman, gaya industrial menjadi gaya favorit masyarakat untuk diterapkan pada rumah. Seperti diketahui, gaya rumah industrial punya tampilan desain yang jauh dari kata cantik, menawan, dan elegan. Hal inilah yang membuat gaya industrial terlihat unik dan berbeda dengan gaya lainnya. Keunikan gaya bangunan tersebut rupanya juga turut menginspirasi Hugi Kahyadi Putrawan dalam membangun hunian pribadinya yang beralamat di Karang Kepuh, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.

    Awal mula pembangunan rumah yang berdiri di atas lahan seluas 164 meter persegi tersebut mempunyai cerita tersendiri. “Jadi dulu awalnya di tempat ini merupakan lahan kosong yang ditawarkan kepada saya dengan luas total sekitar 800 m². Namun karena luasannya terlalu besar apabila saya bangun untuk rumah sendiri, akhirnya saya mengajak beberapa teman untuk patungan membeli tanah ini yang kemudian kami bagi seperti sekarang. Untuk rumah ini sendiri sebenarnya saya bangun untuk anak saya karena sebelumnya mereka sering kebingungan mencari tempat untuk kumpul. Kebetulan rumah utama untuk keluarga juga sudah ada dan lokasinya hanya beda satu rumah dari sini,” ujar Hugi.

    Nampak dari fasad bangunan yang mulai dibangun sejak awal tahun 2020 tersebut, secara bentuk bangunan utamanya sendiri bergaya rumah minimalis modern pada umumnya. Namun aksen dekorasi ekterior bergaya industrial nan kental membuatnya nampak berbeda. Konsep arsitektur tersebut diperkuat dengan memaksimalkan banyak bukaan lewat aplikasi material kaca berukuran besar pada sisi dinding depannya. Selain untuk memaksimalkan sirkulasi cahaya dan udara alami dari luar, hal tersebut juga dilakukan agar ruangan dalam rumah tidak terkesan sempit mengingat luasan bangunan yang tidak terlalu besar. Pada sisi bagian depan rumah tersebut tampil menarik dengan aplikasi bata ekspos dipadukan dengan dinding unfinished yang semakin memperkuat konsep arsitektur industrial. Sentuhan natural diberikan dengan adanya sebuah taman berukuran kecil pada bagian teras depan dengan tanaman-tanaman hias menjadikan kesan bangunan lebih hidup dan tidak kaku. “Dari awal pembangunan rumah ini memang saya desain sendiri. Karena sering ngopi di kafe yang saat ini sebagian besar mengaplikasikan konsep arsitektur industrial, lama-lama saya juga semakin tertarik dengan gaya bangunan tersebut. Jadi dulu punya keinginan suatu saat ingin punya rumah dengan gaya industrial, dan dapat terwujud pada rumah ini,” imbuh pria yang berkecimpung di bisnis properti perumahan tersebut.

    Memasuki ke dalam area ruangan rumah yang mulai dihuni sejak bulan Desember 2020 tersebut, terdapat keunikan tersendiri pada desain pintu utama berbahan kayu Jati. Pintu utama yang memiliki tinggi lebih dari 2 meter tersebut didesain dapat menutup pada 2 sisi kusen pintu penghubung pintu utama dan juga pintu ruang keluarga. Pada sisi kiri pintu masuk terdapat sebuah ruang tamu bernuansa industrial minimalis dengan penggunaan furnitur nan simpel. Dominasi unsur unfinished tetap dipertahankan pada ruang tamu tersebut. Sebuah sofa set modern nampak tertata di tengah ruangan yang begitu kontras dengan motif random nan berwarna. Aplikasi bukaan kaca berukuran besar pada sisi dinding menjadikan ruangan terasa lega, ditambah dengan view taman di teras depan nan hijau. Beberapa pernak-pernik penghias ruangan juga ditambahkan pada sudut-sudut ruang tamu yang semakin mempercantik tampilannya.

    Beralih lebih ke dalam menuju area ruang utama, gaya dekorasi industrial semakin terasa kental dengan material besi dan instalasi listrik dengan jalur pipa ekspos berwarna hitam nan maskulin. Beberapa sentuhan unsur kayu pada furnitur menghadirkan kesan hangat di dalam ruangan. Sebuah sofa set bergaya minimalis tertata rapi tepat di tengah ruangan sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga sembari menikmati hiburan dari televisi layar datar yang ditempatkan pada dinding. Pada salah satu sisi ruangan tengah, terdapat sebuah pintu menuju kamar tidur utama dengan konsep dekorasi interior bergaya simpel bernuansa elegan nan nyaman. Ranjang tidur minimalis modern berukuran king size nampak begitu nyaman dengan bed cover berwarna putih. Dinding kamar bernuansa putih yang kontras dengan nuansa unfinished ruangan lain, berpadu dekorasi simpel memberikan kesan bersih dan lega di dalam kamar tidur.

    Aplikasi lantai mezzanine pada sisi ruang tengah sebagai area kerja memberikan kesan unik tersendiri di dalam rumah. Unsur besi dan kayu masih tetap mendominasi ruang kerja dengan penggunaan table set simpel nan fungsional. Space yang ada tepat di sisi bawah ruang kerja difungsikan sebagai area dapur. Pada sisi antara ruang tengah dengan dapur terdapat sebuah bar table bergaya unik. Meja bar yang sekaligus difungsikan sebagai sekat ruangan tersebut dibuat dari potongan-potongan kayu Jati yang ditata sedemikian rupa pada sebuah frame besi nan unik, memberikan nuansa layaknya sebuah kafe di dalam hunian.

    Salah satu spot bernuansa berbeda terdapat pada sisi teras belakang rumah. Unsur natural nampak begitu mendominasi area backyard dengan konsep semi-outdoor nan sejuk. Sebuah meja kayu bergaya klasik dipadukan dengan beberapa kursi berbahan besi tertata rapi sebagai area bersantai di teras belakang. Aplikasi tegel motif semakin memperindah area teras belakang dengan nuansa klasik. “Area teras belakang ini menjadi salah satu spot favorit untuk bersantai ketika ada saudara atau kerabat yang datang ke rumah. Di sini kesannya jadi lebih santai, ditambah dengan taman belakang dengan tanaman hijau jadi udaranya lebih sejuk,” pungkas Hugi. Farhan-red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain