Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Omah Kalang Coffee & Space Mencicipi Warisan Heritage Otentik Kotagede

    Omah Kalang Coffee & Space
    Omah Kalang Coffee & Space
    Omah Kalang Coffee & Space
    Omah Kalang Coffee & Space
    Omah Kalang Coffee & Space

    Yogyakarta memang menyimpan banyak sekali budaya yang patut kita ketahui, salah satunya adalah tentang Rumah Kalang. Rumah Kalang merupakan bangunan tempat tinggal orang Kalang, yaitu bagian dari masyarakat Jawa yang tinggal di lingkungan Keraton Mataram, khususnya di kawasan Kotagede. Kata Kalang dalam bahasa Jawa berarti pagar, karena pada jaman dahulu orang Kalang dikumpulkan di suatu tempat dan dipagari pada masa pemerintahan Sultan Agung. Rumah Kalang ini memang cukup unik dengan perpaduan unsur Jawa, Eropa, hingga unsur China yaitu berbentuk Joglo yang dijadikan rumah induk di sisi depan serta bangunan model Eropa di bagian belakangnya.

    Berlatar belakang sejarah tersebut, kini di Yogyakarta tepatnya di Jalan Tegal Gendu No. 28, Prenggan, Kotagede, terdapat Omah Kalang Coffee & Space dengan mengusung nuansa etnik dan modern dengan 2 lantai dan tentunya dengan rooftop yang dapat dijadikan tempat nongkrong sambil menikmati indahnya pemandangan Kotagede. “Untuk bangunan utama Omah Kalang ini memang merupakan bangunan asli sejak tahun 1800an, kemudian sempat direnovasi pada awal tahun 2000. Karena kebetulan saya memang asli Kotagede, jadi besar keinginan saya untuk dapat melestarikan warisan budaya orang Kalang yang merupakan asal-usul daerah ini. Dikemas dalam bentuk kafe seperti sekarang juga sebagai usaha saya untuk memperkenalkan sisi heritage asli Kotagede kepada masyarakat, khususnya para kaum muda,” papar Ujang Simbara, owner Omah Kalang Coffee & Space.

    Nampak dari fasad depan bangunan kafe yang mulai beroperasi sejak Oktober 2021 tersebut, nuansa megah bernuansa heritage nan kental begitu terasa dengan adanya sentuhan unsur Jawa pada setiap sudutnya. Area depan kafe tersebut amat luas dan cocok menjadi tempat untuk bersantai bersama pasangan, teman, maupun keluarga besar. Pengunjung yang datang bisa duduk di area outdoor yang terletak tepat di depan pintu masuk. Bangku bercat putih dan peneduh khas Jawa membuat area ini terasa amat klasik sekaligus apik. Aksen ukiran kayu pada bagian pintu utama kafe semakin memperkuat konsep arsitektur yang diusung.

    Memasuki bangunan utama dari kafe yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 5000 m² tersebut, sisi klasik pada bangunan khas Jawa yang diaplikasikan tersebut berhasil dikombinasikan dengan dekorasi interior bergaya minimalis modern pada table set dan pernak-pernik di dalamnya. Area bar menjadi faktor utama yang menghadirkan unsur industrial pada bangunan utama tersebut. Bagian interior bar juga nampak menarik bernuansa vintage dengan sentuhan unsur kayu dan logam pada dekorasi yang digunakan. Tepat di samping area bar, terdapat sebuah ruangan bernuansa minimalis yang cukup kontras jika dibandingkan dengan gaya klasik pada bangunan utama. Ruangan tersebut dihiasi dengan beberapa lukisan serta neon lettering yang dapat dijadikan latar untuk berfoto.

    Masih di area lantai bawah, tersedia beberapa area makan berkonsep ruang-ruang dengan ciri khas nuansa Jawa klasik yang begitu kental. Mulai dari furnitur hingga pernak-pernik yang diaplikasikan merupakan barang lawasan koleksi milik owner. Rupanya area makan berbentuk ruang-ruang tersebut merupakan layout asli dari rumah awal yang tidak dirubah tata letaknya. “Beberapa renovasi yang dilakukan memang lebih banyak di area depan, jadi sengaja saya masukkan unsur minimalis modern agar pengunjung lebih nyaman. Untuk layout ruangan yang ada sejatinya memang sudah sejak dahulu seperti ini, tidak ada tata letaknya yang diubah. Mungkin hanya dari dekorasi interiornya saja yang disesuaikan, misal dulunya sebagai ruang tamu sekarang dijadikan sebagai area makan bagi pengunjung. Furnitur dan barang-barang lawasan yang ada di sini juga kebanyakan koleksi pribadi saya, ada juga beberapa yang merupakan peninggalan dari pemilik rumah sebelumnya,” kata Ujang, sapaan akrab pria yang juga memiliki bisnis di bidang kerajinan logam perak tersebut.

    Salah satu spot favorit yang dimiliki oleh Omah Kalang Coffee & Space terletak di bagian rooftop bangunan tersebut dimana konsep tempatnya lebih terbuka. Dari area rooftop, pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman yang disajikan sembari menikmati pemandangan kawasan Kotagede di sore hari. Bahkan apabila cuaca cerah, di sisi Utara akan nampak jelas pemandangan gunung Merapi dan Merbabu nan gagah. Area rooftop dilengkapi dengan meja panjang yang mengelilingi dinding bangunan bergaya industrial. Pada sisi tengah area tersebut juga terdapat beberapa table set kayu yang tertata rapi sebagai fasilitas bagi pengunjung. Beranjak menuju malam, suasana di area rooftop akan semakin syahdu dengan adanya lampu-lampu gantung industrial bercahaya temaram yang menambah suasana hangat area tersebut.

    Tentunya kafe yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 23.00 ini memiliki menu-menu pilihan dengan citarasa enak dan lezat, mulai dari makanan hingga minumannya. Dengan harga yang relatif terjangkau memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengujung tempat tersebut, sehingga Omah Kalang semakin ramai dikunjungi. Kafe tersebut menyajikan menu makanan yang patut dicoba, diantaranya Kalang Pizza, French Sausage, hingga salad seperti Caesar Kalang. Untuk menu minuman yang disediakan di kedai kopi ini tentu saja tidak hanya berbahan dasar kopi, namun juga tersedia minuman dari berbagai bahan buah-buahan. Menu minuman kopi melalui tahapan cara membuat yang beragam, hingga terbentuk resep istimewa khas Omah Kalang. Namun bagi pengunjung yang tidak menyukai kopi, dapat memesan berbagai minuman seperti Avocado Juice, Blue Curracao, hingga minuman berjenis artisan tea bernama Tropical Tea dan Butterfly Pea. Farhan-red

    OMAH KALANG COFFEE & SPACE
    Jl. Tegal Gendu No. 28, Prenggan,
    Kotagede, Yogyakarta

    WhatsApp : 0881 1417107
    Instagram: omahkalang_coffee

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain