Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Potensi Investasi Properti Semarang Raya 2022 – bagian 1

    Perumahan Wahid Mranggen
    CitraSun Garden Semarang
    CitraGrand Semarang

    Semarang sebagai kota yang strategis untuk dijangkau memang memiliki potensi dan pesona yang besar dalam bidang investasi. Program Semarang Kota Pintar atau Smart City yang digagas oleh pemerintah kota mendukung penuh industri berkembang. Teknologi modern, akses yang mudah tentu jadi kelebihan program ini sehingga membuat industri properti pun ikut berdampak positif.

    Kota Semarang selalu berinovasi dengan fasilitas publik yang komplit. Mulai dari fasilitas pendidikan dengan hadirnya universitas negeri unggulan dan sekolah bertaraf internasional. Fasilitas kesehatan modern seperti rumah sakit besar dan klinik yang siap melayani publik. Hingga pusat belanja modern seperti Mall yang terus bertambah sebagai tempat perputaran ekonomi daerah.

    Dengan infrastruktur yang memadai memudahkan mobilisasi aktivitas bisnis. Akses antar kota tak lagi jadi masalah karena Semarang yang merupakan bagian jalur jalan tol Trans Jawa. Jalur penting khususnya untuk area Jogja – Solo Raya – Semarang Raya – Banyumas Raya. Liputan kali ini, redaksi menghadirkan alternatif sekaligus referensi produk properti di wilayah Semarang Raya.

    PERUMAHAN WAHID MRANGGEN menjadi mahakarya terbaru dari developer PT Putra Wahid Pratama yang berkantor pusat di Salatiga. Menyasar segmen pasar middle properti Jawa Tengah, khususnya di sisi Timur Kota Semarang. Dengan pengalaman menggarap properti berbagai segmen di Salatiga, Semarang, Jepara, dan Bogor ini, di akhir 2019 kawasan seluas total 7,3 hektar ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal dengan harga yang terjangkau, khususnya bagi kaum sub urban Kota Semarang.

    Disampaikan Lena Soenardewi, selaku Marketing Manager PT Putra Wahid Pratama, “Kami melihat potensi konsumen segmen middle Semarang Raya khususnya sisi Timur masih sangat besar. Lokasi kami sangatlah strategis, yakni berada di wilayah Mranggen atau tepatnya berada di tepi Jalan Raya Mranggen yang menjadi poros utama kota Semarang – Demak.” Perumahan Wahid Mranggen memiliki aksesibilitas prima, karena sangat dekat dengan berbagai fasilitas umum penunjang, seperti dekat dengan Pasar Mranggen, Transmart Majapahit, Rumah Sakit Pelita Anugerah, Stasiun Brumbung, Terminal Penggaron, kawasan Apparel Industries, hanya 15 menit dari pintu tol Gayamsari serta 20 menit menuju Simpang Lima sebagai jantung kota Semarang.

    Untuk pemasarannya Perumahan Wahid Mranggen di bagi menjadi 4 tahap. Untuk tahap 1 dihadirkan 135 unit dengan rumah tipe 40 – tipe 66 dengan luas tanah variabel mulai 84 – 126 m². Saat ini masih menyisakan unit-unit terakhir ready stock, yakni tipe Beryl (49/98) dan tipe Emerald (52/96). Selanjutnya saat ini memasuki penjualan tahap 2 dihadirkan 111 unit dengan pilihan rumah tipe 42 (Onyx), tipe 52 (Zircon), tipe 64 (Safir) dengan luas kavling variabel mulai ukuran 84 – 175 m². Untuk selanjutnya yakni tahap 3 akan dihadirkan 68 unit dan tahap 4 nantinya dihadirkan 129 unit.

    Perumahan Wahid Mranggen ini mengusung rumah tanpa pagar bergaya modern minimalis dengan konsep high ceilling (plafon tinggi) layaknya rumah 2 lantai. “Kami menyajikan konsep yang selaras dengan konsep rumah tumbuh, yang ke depannya sangat fleksibel terhadap kebutuhan ruang tinggal penghuni. Dengan plafon tinggi, konsumen diberikan opsi bisa menambah ruang dengan konsep mezzanine yang estetik. Bahkan di sisi belakang masih menyisakan lahan yang cukup luas, sehingga konsumen bisa menambah ruang atau difungsikan sebagai ruang terbuka hijau atau bahkan private pool,” papar Lena, sapaan akrabnya. Harga yang dipatok untuk ragam hunian tersebut, memasuki pertengahan 2022 ditawarkan mulai dari kisaran harga 300 jutaan, harga sudah include PPN, BPHTB, BBN, dan biaya Notaris.

    Progress penjualan dan pembangunan kawasan Perumahan Wahid Mranggen sudah sangat signifikan. Berbagai fasilitas serta kelengkapan infrastruktur sudah selesai dibangun. Mulai Main gate kawasan berkonsep one gate system, pos security yang dijaga 24 jam, main road di boulevard kawasan dengan lebar 12 meter serta jalan lingkungan selebar 8 meter. Kami juga berikan fasilitas Playground with garden area yang multifungsi bagi seluruh penghuni. Kawasan hunian kami sudah terbentuk dan lingkungan semakin hidup, karena banyak yang sudah dihuni maupun disewakan oleh pemiliknya,” lanjut Lena.

    Memasuki momentum Ramadhan dan Idul Fitri 2022 ini, Perumahan Wahid Mranggen memberikan beberapa promo menarik. “Untuk lebih menggenjot penjualan, kami berikan beberapa bonus, yakni 1 unit AC, Free paket IndiHome selama 2 bulan, Free Tandon Air. Dalam rangka menyambut Ramadhan dan Lebaran 2022 nanti, kami berikan gimmick menarik yakni special discount untuk unit-unit tertentu. Sedangkan untuk metode pembayaran, kami berikan beberapa pilihan, yakni metode cash bertahap mengikuti progress pembangunan unit hunian (dibangun serentak per tahap). Untuk tahap II ini diprediksi selesai di bulan Desember 2022, sehingga pembayaran bisa diangsur sampai bulan Desember 2022 nanti. Sedangkan untuk KPR, kami bisa DP 0 % saja dengan beberapa perbankan yang sudah PKS dengan kami, seperti UOB, Mandiri, Permata, BCA, CIMB Niaga, BNI, BRI, maupun BTN. Kami juga masih membuka peluang bagi konsumen yang ingin mendapatkan potongan 50 % PPN DTP (Di Tanggung Pemerintah) sampai September 2022. Bagi masyarakat yang berminat, bisa kontak ke 024 7641 8888,” pungkas Lena Soenardewi berpromosi.

    CITRASUN GARDEN SEMARANG terus menunjukkan eksistensi dan produktivitasnya sebagai kawasan hunian premium di kota Semarang. Di Maret 2022 lalu, developer berhasil menghadirkan New Furnished Show Unit tipe Allyra, setelah sebelumnya menghadirkan unit rumah tipe Andalusite. Baik tipe Andalusite (261/200) dan tipe Allyra (203/173) yang dibangun di salah satu site tertinggi di tepian mainroad dengan ROW 20 meter, masih menjadi satu bagian dari cluster terdepan Diamond Hill yang memiliki fasilitas auto one gate system.

    Ditegaskan oleh Inung Adi Nugroho, selaku Marketing Manager CitraSun Garden Semarang Mengusung konsep modern renewal dan nu modern revival. Khusus unit ini, setiap unit rumah telah dilengkapi dengan perangkat smart home dan smart lock system sehingga perangkat elektronik yang terhubung dapat Anda kontrol jarak jauh melalui smartphone. Dengan fitur tambahan ini, pastinya menambah keamanan dan kenyamanan selama tinggal di rumah.”

    Allyra mengusung konsep arsitektural yakni nouveaux moderne atau nu modern. Konsep yang memang menjadi tema desain-desain terbaru CitraSun Garden ini menonjolkan konsep classic yang dikemas dalam tampilan terkini sehingga menciptakan tampilan fasad yang fresh, elegan, dan mewah. Pemilihan material fasad Travertine putih dan warna monochromatic abu dan hitam terpadu satu dalam tampilan depannya. Tidak lupa perpaduan pintu utama dengan material kayu solid dan kusen Alumunium YKK Fility yang berkualitas menjadi poin tambah untuk tipe Allyra.

    Asiatique Elegant yang menjadi tema terbaru interior rumah Allyra. Dengan menampilkan aksen-aksen khas negara asia menjadi point of interest pada penataan setiap sudut ruangan di rumah contoh Allyra. Pemilihan wallpaper di ruang keluarga dan headboard di area ruang tidur utama menampilkan kesan rumah khas Asia tanpa meninggalkan unsur kemewahannya. Disempurnakan dengan warna-warna warm dan gold menampilkan kesan hangat dan mewah. Permainan warna-warna biru serta kuning pada aksesoris penunjang juga menjadi point plus pada penataan interior rumah Allyra ini. Selain unik, interior rumah contoh Allyra memberikan kesan yang segar serta hangat khas rumah Asia tanpa meninggalkan unsur kemewahan sebagai ciri khas hunian di CitraSun Garden Semarang.

    Penataan ruang-ruang yang semakin disempurnakan menampilkan ruang komunal di lantai 1 terasa lega dan mewah. Ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan berada dalam satu space dan tanpa sekat memberi kesan luas dan hangat. Ruang servis juga sudah tersedia terpisah di area belakang rumah, sehingga area komunal bisa lebih private dan nyaman. Taman belakang cukup lega dan masih bisa dimanfaatkan sebagai rumah tumbuh ataupun taman.

    “Improvisasi spek dihadirkan pada tipe Allyra, seperti smart door lock, cctv, tangga dengan finishing marmer cremanata dan railing kaca tempered, menampilkan kemewahan tak tertandingi. Finishing carport dan driveway menggunakan keramik bewarna hitam, makin menunjang penampilan Allyra menjadi semakin modern dan mewah. Terdapat upgrade pada pintu-pintu ruang tidur tipe ini dengan engineering door, serta spesifikasi jendela menggunakan kusen Alumunium YKK Fility yang sudah pabrikan sehingga material lebih durable dan presisi,” lanjut Inung menjelaskan.

    Untuk lebih menggenjot penjualan di momentum Ramadhan dan Idul Fitri 2022 diberikan berbagai penawaran spesial dan menarik. “Manfaatkan free PPN 50 % DTP, serta dapatkan hadiah langsung Logam Mulia up to 50 gram, serta dapatkan free AC di tiap kamar, free Air Purifier, free Solar Water Heater, subsidi bunga KPR sebesar 2 % dan cukup dengan DP 5 %, bahkan free biaya KPR,” pungkas Inung.

    CITRAGRAND SEMARANG terus menunjukkan eksistensinya sebagai kawasan hunian modern dan eksklusif di Jawa Tengah. Kawasan seluas 60 hektar ini terus berinovasi baik segi produk maupun sistem penjualan, sehingga tetap mendapat atensi pasar properti, khususnya wilayah Semarang Raya. Salah satu bentuk strateginya di pertengahan 2020 lalu berhasil berkolaborasi dengan salah satu brand retail home furniture yang berasal dari Swedia yaitu IKEA dalam menghadirkan produk baru yang lebih fresh, lebih modern, dan kekinian.

    Disampaikan Berlian Febriana, selaku General Manager-nya, “Kerja sama dengan IKEA merupakan kali pertama hadir di Kota Semarang dan Jawa Tengah yang dilakukan untuk melengkapi show unit termasuk bundling promo untuk tipe-tipe terbaru di Cluster Red Terracotta. Adapun tipe rumah yang sudah di isi dengan produk IKEA ialah tipe Fawn, Calliope, dan Myka.”

    Untuk tahun 2022 ini, CitraGrand terus menggenjot penjualan di unit rumah khususnya di cluster Red Terracotta. “Tipe baru yang dipasarkan adalah tipe rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai dengan spesifikasi bangunan yang premium. Untuk rumah 1 lantai menghadirkan tipe Mindy dan tipe Myka dengan lokasi yang berada pada lingkar dalam cluster Red Terracotta tahap 2 dengan ROW 9 meter. Untuk tipe rumah 2 lantainya menghadirkan tipe Cassie, yang berada pada lingkar luar cluster Red Terracotta dengan ROW jalan 12 meter,” terang Berlian Febriana.

    Konsep desain dari ketiga rumah ini masih memiliki konsep yang berkesinambungan dengan tipe-tipe baru sebelumnya yaitu pada fasad bangunan memiliki style colonial-classic yang masih memiliki unsur kekinian, ketiga tipe rumah didesain dengan tema “Modern Colonial House” . Konsep tersebut merupakan tanggapan terhadap tren gaya modern saat ini. Kolonial juga hadir melalui bentuk atap yang tinggi, detail-detail pada entrance dan jendela dipadukan dengan unsur modern seperti pemilihan tone warna yang bersih dan pemilihan material kekinian seperti penggunaaan kusen jendela dari bahan alumunium dan HT Travertine untuk dinding fasad. Selain itu, kelebihan dari 3 tipe terbaru ini adalah lokasinya yang tidak jauh dari rencana fasilitas terbaru CitraGrand yaitu Club House yang dilengkapi fasilitas Masjid, Lapangan Basket, Café, dan hadirnya Danau CitraGrand.

    Untuk tipe Mindy (78/105) memiliki ukuran kavling 7×15 meter. Menghadirkan ruang tamu, ruang makan, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan dapur bersih. “Tipe ini memiliki desain plafon yang tinggi, maka pemilik rumah dapat memanfaatkannya dengan menambahkan lantai mezzanine yang bisa digunakan untuk ruang keluarga. Contoh penambahan lantai mezzanine ini dapat dilihat pada rumah contoh kami yang sudah diisi oleh interior dengan tema Japanese Scandinavian. Sebuah tren terbaru gaya desain interior Jepang yang menggabungkan kesederhanaan, tampilan minimalis, serta fungsionalitas dalam gaya Skandinavia. Menciptakan perpaduan sempurna antara fungsi dan bentuk, dengan fokus pada garis yang bersih, ruang cerah, dan warna-warna terang. Kelebihan lainnya adalah carport cukup untuk 2 mobil dan sisa lahan dibelakang yang dapat digunakan untuk taman yang berukuran 4 x 4,5 m². Harga untuk tipe Mindy ini dibandrol mulai dari 1 Miliaran,” terang Yovita Natasia, Marketing Manager CitraGrand Semarang.

    Selanjutnya ialah tipe Myka (96/120) dengan kavling ukuran 8 x 15 meter. Memiliki layout terdiri dari ruang tamu, ruang makan, 2 kamar tidur yang salah satunya dikonsep sebagai Master Bedroom dengan kamar mandi dalam, 1 kamar mandi luar, dan dapur bersih. Kelebihan dari desain layout adalah adanya akses pintu samping yang terhubung langsung dengan area dapur sehingga antara area dapur dan ruang makan merupakan 2 ruangan yang terpisah. Tipe ini juga memiliki master bedroom yang memiliki kamar mandi di dalam serta carport-nya pun dapat digunakan untuk 2 mobil. “Show Unit tipe Myka untuk interiornya didesain dengan pernak pernik dari IKEA dengan konsep Classic yang menyesuaikan dengan desain fasad bangunan dengan tone warna hitam dan biru. Tipe Myka kami tawarkan mulai dari kisaran 1,3 Miliaran. Tipe Mindy dan Myka juga sudah dilengkapi system smart lock door,” lanjut Yovita.

    Sedangkan untuk hunian 2 lantai, dihadirkan tipe Cassie (161/144) dengan kavling ukuran 9 x 16 meter. Tata ruang tipe Cassie terdiri atas ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi dan dapur di lantai 1, kemudian di lantai 2 terdapat 2 kamar tidur yang salah satunya sebagai master bedroom dengan fasilitas kamar mandi dalam. Tipe Cassie juga memiliki akses pintu depan yang langsung menuju area dapur. Ukuran kamar tidur utama di lantai 2 juga terhitung cukup luas. Carport-nya sudah include canopy yang dapat digunakan 2 mobil dan sisa tanah belakang masih memiliki sisa lahan seluas 9 x 3,5 meter yang dapat dibuat private pool, taman, atau penambahan ruang. Tipe ini akan dilengkapi dengan fitur smart home system dan smart lock door untuk menjadikan rumah ini sangat modern. Ditawarkan sebanyak 17 unit dengan harga mulai kisaran 2 Miliaran.

    Menyambut momentum Ramadhan dan Idul Fitri 2022 diberikan berbagai penawaran spesial dan menarik. “Manfaatkan free PPN 50 % DTP, dapatkan diskon sampai 80 juta. DP start 35 jutaan saja, serta dapatkan voucher belanja elektronik sampai 30 juta, suku bunga KPR yang ringan, bisa KPR dengan DP 5%, bahkan free biaya KPR,” imbuh Berlian.

    Dalam rangka menyambut 1 dekade (10 tahun) usia CitraGrand Semarang, dilakukan beberapa penyegaran sekaligus penyempurnaan baik kelengkapan infrastruktur dan fasilitas penunjangnya. “Beberapa penyegaran kawasan menjadi bukti komitmen kami ke masyarakat luas serta memberikan reward sekaligus menambah prestise bagi seluruh penghuni yang tinggal dan berinvestasi di CitraGrand Semarang ini. Mulai dari kehadiran Sekolah Citra Kasih yang akan segera beroperasi, entrance kawasan, icon landmark, commercial area, serta berbagai fasilitas umum yang akan dihadirkan untuk menunjang kenyamanan penghuninya. Ini selaras dengan tagline kami, “Live, Work and Play” . CitraGrand Semarang meredefinisikan standar hidup bagi keluarga modern era generasi milenial,” pungkas Berlian Febriana semangat. Wahyu Pras – red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain