Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Sentuhan Tropis Berpadu Ciamik Hunian Modern Ivan Moyantoro

    Ivan Moyantoro, beserta istri dan putra putrinya
    Ruang keluarga yang simpel dengan sentuhan unsur kayu
    Area ruang makan dengan table set bernuansa klasik
    Layout kamar tidur utama nampak lega dan luas
    Swimming pool pada tengah ruang utama

    Desain rumah arsitektur minimalis memang sedang menjadi tren, terutama di lingkungan kaum urban. Semakin mahal dan terbatasnya lahan di tengah kepadatan kota, serta gaya hidup yang semakin praktis, menjadi faktor pemicu semakin digandrunginya desain minimalis. Namun, tuntutan keadaan lingkungan tropis, juga perlu disikapi dengan tepat dan dicarikan solusi agar dapat dipadukan dengan desain minimalis. Pada prinsipnya, gaya desain apapun yang dipilih, harus mampu untuk memberikan kenyamanan, fungsi yang optimal dan mengadopsi keadaan alam sekitar. Begitu pula dengan desain arsitektur minimalis yang berada di lingkungan tropis. Untuk itu, perpaduan antara gaya arsitektur minimalis dengan konsep rumah tropis dapat menjadi pilihan yang cocok diaplikasikan pada hunian di kawasan beriklim tropis seperti Indonesia.

    Rupanya hal tersebut yang menginspirasi Ivan Moyantoro dalam menentukan desain hunian bagi keluarganya. Sejatinya rumah yang beralamat di Jalan Karya Utama No. 118B, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta tersebut telah mengalami renovasi dengan penambahan bangunan sebagai hunian utama. “Sebenarnya sudah lama menempati rumah ini, tapi kemudian bangunan lama digunakan sebagai guest house dan usaha laundry. Kemudian sekitar 3 tahun yang lalu saya menambahkan bangunan tepat di sebelah rumah lama yang kami gunakan untuk tinggal bersama keluarga,” cerita Ivan, sapaan akrabnya.

    Sekilas bangunan rumah yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 250 m² tersebut tidak nampak berbeda dari bangunan di sekitarnya. Namun nuansa berbeda akan terasa begitu memasuki pintu gerbang utama bergaya minimalis. Sebuah ruang terbuka yang tidak begitu luas mampu disulap menjadi taman sebagai penyeimbang desain rumah minimalis. Beberapa tanaman hijau dan pohon perindang memberikan nuansa asri pada sisi depan area rumah. Pot tanaman dengan unsur batu alam menjadi penguat unsur tropis, bersanding dengan tempat duduk kayu bergaya natural sebagai tempat untuk bersantai. Pada sisi fasad depan bangunan rumah tampil menawan dengan aplikasi dinding palet kayu berwarna putih dan dipercantik dengan beberapa lampu hias bergaya klasik. Sebuah teras kecil terdapat pada area depan rumah sebagai tempat menerima tamu yang dilengkapi dengan table set minimalis berwarna senada dengan dinding rumah. “Sebenarnya kalau dari luasan tanahnya kan tidak terlalu besar, jadi sebisa mungkin saya maksimalkan sisi fungsionalnya. Namun saya juga berusaha memasukkan nuansa natural dengan memperbanyak tanaman dan pohon perindang pada sisi depan rumah supaya hawanya juga lebih sejuk,” ujar Ivan.

    Memasuki area dalam bangunan rumah, nampak konsep tropis dengan banyaknya ruang terbuka di dalamnya. Ruang utama nampak bersanding dengan kolam renang yang didesain tanpa atap dan sarat akan nuansa hijau. Tepat pada sisi kiri ruang utama, terdapat sebuah area makan dengan table set kayu bergaya klasik. Ruang makan tersebut berada tepat pada sisi ruang penghubung antara area hunian dengan guest house. Penghubung antar dua ruangan tersebut didesain cantik dengan sentuhan industrial dan aplikasi pintu kaca berukuran cukup besar. Dilengkapi dengan tirai, sehingga ketika ada tamu yang menginap dapat ditutup untuk menjaga privasi baik tamu maupun keluarga. “Kalau dua rumah ini sebenarnya tetap terhubung, namun pintu penghubungnya sengaja saya pasang tirai juga. Jadi ketika ada tamu yang menginap di guest house, tidak akan mengganggu privasi mereka maupun keluarga saya,” papar Ivan.

    Pada sisi lain ruang utama, terdapat ruang keluarga dengan konsep terbuka. Sofa set kayu bergaya modern menjadi fasilitas pada ruang keluarga. Beberapa tanaman hias juga nampak pada sisi kanan dan kiri sofa, menghadirkan kesan natural di dalamnya. Pernak-pernik penghias ruangan seperti foto keluarga dengan frame kayu yang terpajang pada dinding semakin mempercantik dekorasi ruang. Tepat pada sudut ruang utama, terdapat sebuah area dapur dengan sentuhan unsur kayu yang mendominasi lengkap dengan perabotan modern. Perpaduan antara unsur kayu pada kitchen set serta batu alam yang diaplikasikan pada dindingnya memberikan nuansa tersendiri. Hal menarik tampak pada desain ruangan tanpa sekat yang membuat ketiga area (ruang keluarga, ruang makan, dan area dapur) tersebut nampak lega. Konsep tanpa sekat sengaja diaplikasikan oleh Ivan untuk menyiasati keterbatasan lahan sehingga ruangan dalam rumah tidak terkesan sempit. “Memang saya sengaja mendesain layout ruangan tanpa sekat, karena memang lahannya kan tidak terlalu luas. Jadi di dalam rumah kesannya tidak sempit dan sirkulasi udaranya juga lancar,” tambahnya.

    Salah satu spot menarik yang terdapat pada hunian milik pengusaha furnitur tersebut yaitu adanya sebuah swimming pool pada tengah ruang utama. Kolam tersebut berbatasan langsung dengan ruang tengah dan juga kamar tidur utama dengan konsep semi outdoor. Pada sisi ruang keluarga, area kolam renang dibatasi dengan pagar kaca dan dilengkapi sebuah kanopi kanvas bergaya klasik yang semakin mempercantik konsep dekorasi bangunan. Desain kolam dibuat memanjang dengan tepian kolam diberi sentuhan tumbuhan hijau serta unsur batu alam. Desain semi outdoor tersebut membuat sirkulasi udara semakin lancar dan memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah. Pada sudut kolam renang, terdapat sebuah sofa rotan sebagai tempat untuk bersantai sembari menikmati kesejukan area swimming pool. “Dari awal memang saya ingin memiliki rumah dimana pada sisi tengahnya terdapat sebuah kolam renang tanpa atap. Selain untuk fasilitas hiburan di rumah, tetapi juga agar hawa di dalam ruangan menjadi sejuk,” ungkap Ivan.

    Beralih menuju kamar tidur utama, nuansa modern nampak begitu terasa dengan penggunaan furnitur di dalamnya. Konsep dekorasi interior yang cukup menarik dihadirkan pada area kamar tidur utama tersebut, begitu pula dengan kenyamanan menjadi faktor yang begitu di perhatikan oleh Ivan dalam mendesain kamar tidurnya tersebut. Kombinasi warna putih pada dinding dan sentuhan unsur kayu pada furnitur yang digunakan memberikan perpaduan yang cantik. Sebuah sofa set bergaya modern terdapat pada sisi kamar sebagai area untuk bersantai menikmati hiburan pada sebuah televisi layar datar yang terpajang rapi di depannya. Unsur kayu kembali dihadirkan pada cabinets untuk menempatkan televisi. Sebuah ranjang tidur kayu berukuran king size nampak begitu nyaman sebagai tempat beristirahat setelah beraktifitas seharian. Sebuah cermin berukuran besar pada sudut ruangan memberikan kesan luas pada kamar tidur utama. Kamar tidur utama tersebut memiliki akses jendela dengan view langsung menuju area swimming pool, sehingga begitu sejuk saat jendela dibuka.

    Fasilitas bathroom juga begitu diperhatikan oleh Ivan yang berkonsep modern dengan dominasi sentuhan unsur batu marmer. Sebuah bathup menjadi fasilitas utama pada kamar mandi kamar tidur utama. “Selain area kolam renang, kamar tidur ini juga menjadi area yang begitu saya perhatikan dalam hal desain ruangannya. Karena bagaimanapun tempat ini kan jadi tempat beristirahat ketika lelah dengan pekerjaan. Ya saya inginnya kamar tidur ini juga nyaman untuk beristirahat,” pungkas Ivan mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain