Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Taman Cantik dengan Tanaman Estetik oleh Kebon's Agro Jogja

    Kebon's Agro Jogja
    Beberapa jenis tanaman bonsai
    Contoh aplikasi taman dengan space terbatas
    Display kolam relief Kebon’s Agro
    Taman dengan konsep sederhana

    Memiliki taman hijau dan asri merupakan impian dari setiap pemilik rumah. Di daerah perkotaan, memiliki taman hijau akan membawa hawa sejuk dan nuansa alami di dalam rumah. Selain membawa kesejukan di area rumah, memandang taman dengan dedaunan hijau akan memberikan kesejukan bagi mata yang lelah setelah seharian bergelut dengan rutinitas pekerjaan. Penataan taman yang rapi serta pemilihan jenis tanaman yang menawan mampu menyulap rumah menjadi cantik dan segar. Sebaliknya, taman yang tidak ditata rapi justru membuat rumah tampak semakin kumuh. Bahkan, dapat membuat penghuni menjadi tidak nyaman berada di dalam rumah.

    Tak hanya mempercantik rumah, taman juga berfungsi sebagai ventilator alami. Udara kotor karbondioksida akan diubah menjadi udara bersih yang kaya akan oksigen, sehingga rumah akan menjadi lebih sejuk dan segar tanpa perlu menyalakan air conditioner. Dengan begitu juga dapat menghemat biaya listrik. Untuk persoalan desain taman unik, sayangnya banyak orang masih beranggapan pembuatan taman membutuhkan lahan luas. Padahal, ukuran tidak menjadi masalah. Lahan sempit pada rumah pun dapat dimanfaatkan secara maksimal asalkan dikerjakan dengan desain yang matang.

    Bagi pemilik rumah yang memiliki kesibukan pekerjaan dan tidak mempunyai waktu untuk menata atau merawat taman, saat ini telah banyak jasa yang menawarkan pembuatan hingga perawatan taman. Salah satu perusahaan penyedia jasa pembuatan, perawatan, hingga penjualan kebutuhan agrobisnis yaitu CV. Mitra Tani dengan brand Kebon's Agro Jogja. Berdiri kurang lebih sejak 17 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2002, dengan awal usaha membuka kios tanaman di Jalan Magelang Km. 12 Wadas, Tridadi, Sleman, tepatnya di samping pasar Sleman. Dengan produk yang dijual adalah tanaman buah, hias, pot, pupuk, dan sarana pertanian lainnya. Tak hanya menjual berbagai kebutuhan pertanian, Mitra Tani juga mengembangkan berbagai jenis tanaman kelengkeng dataran rendah antara lain Ping pong, Diamond River, Kristalin, Aroma Durian, Itoh dan lain-lain. Mitra Tani memiliki kebun pembibitan tanaman lengkeng di kebun Pangukan, Tridadi, Sleman. “Kalau Mitra Tani memang sudah berdiri sejak tahun 2002. Kemudian tahun 2008 berdiri Kebon's Agro hingga saat ini. Dulu awalnya menjual bibit pohon buah-buahan dan keperluan pertanian. Selain itu, kami juga mengembangkan berbagai jenis bibit pohon kelengkeng,” buka Firman Agung Purnomo, desainer landscape taman Mitra Tani.

    Dengan tagline “The Inspiration of Green City”, Kebon's Agro yang beralamat di Jalan Godean Km. 9, Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta tersebut berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1 Hektar dan dikonsep untuk wisata edukatif tanaman dilengkapi dengan klinik info agro untuk pelanggan. Kebon's Agro juga melayani jasa pembuatan taman, mengerjakan pembuatan dan perawatannya, dengan desain-desain yang up to date sesuai dengan minat pasar, meliputi taman minimalis, tropis, dan kolam hias. “Jadi selain menawarkan jasa dan penjualan produk pertanian, kami juga berharap Kebon Agro ini dapat menjadi wisata edukasi bagi masyarakat. Di sini orang yang datang tidak harus membeli tanaman, mereka juga dapat berkonsultasi dan menambah wawasan tentang agrobisnis. Karena lahannya juga cukup luas dan kami desain dengan sedemikian rupa layaknya sebuah taman, sehingga pengunjung yang datang akan merasa nyaman untuk berjalan mengelilingi kawasan Kebon's Agro,” papar Firman.

    Proses pembuatan taman dimulai saat konsumen datang dan berkonsultasi mengenai desain taman yang diinginkan. Kemudian pihak Kebon's Agro akan melakukan survei langsung ke lokasi untuk melakukan pengukuran lahan, pengecekan kondisi tanah yang akan dibuat taman, dan penyesuaian layout taman berdasarkan konsep bangunan rumah. Penentuan jenis tanaman juga akan sangat berpengaruh terhadap nuansa taman yang dihasilkan nantinya. Selain memilih sendiri jenis tanaman yang akan ditanam, konsumen juga dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia untuk nantinya pihak Kebon's Agro yang akan menentukan jenis tanamannya. Proses pembuatan taman paling cepat membutuhkan waktu 2 hari setelah survei dengan luasan minimal taman yaitu 15 meter persegi. Apabila konsumen menginginkan tambahan kolam, proses pengerjaannya dapat memakan waktu hingga 2 minggu.

    Dalam menyediakan bahan tanamannya, Kebon's Agro melakukan pembibitan sendiri untuk jenis tanaman-tanaman kecil. Namun untuk jenis pohon-pohon besar seperti Kamboja, Pulle, Ketapang, dan yang lainnya, Kebon Agro memperoleh dari suplier di daerah Purwokerto dan Malang. “Untuk pembibitan sendiri kami fokus pada tanaman-tanaman kecil sebagai tanaman pelengkap. Pembibitan yang kami lakukan menggunakan metode Okulasi, Cangkok, dan Sambung susu untuk tanaman buah. Kemudian untuk tanaman hias lebih banyak menggunakan metode Cangkok dan Setek. Kalau untuk tanaman center berukuran besar seperti Kamboja dan Pulle kami pesan dari suplier di daerah Purwokerto dan Malang,” ungkap Firman.

    Melihat potensi pasar yang ada, selain melayani penjualan tanaman, jasa pembuatan dan perawatan taman, Kebon's Agro dibawah bendera CV. Mitra Tani juga menyediakan layanan rental tanaman sejak 4 tahun yang lalu. Rental tanaman tersebut banyak diminati oleh instansi-instansi pemerintah hingga bank untuk mendekorasi interior kantor mereka. Kelebihan dari rental tanaman tersebut konsumen tidak perlu memikirkan perawatannya, karena pihak Kebon's Agro secara berkala akan melakukan penggantian tanaman. Layanan rental tanaman tersebut dilayani dengan peminjaman minimal 20 pot tanaman.

    Dari sisi harga yang ditawarkan, tanaman paling murah yang dijual Kebon's Agro yaitu jenis tanaman hias mulai dari harga 3 ribuan. Untuk jenis tanaman buah dipatok mulai dari harga 25 ribu rupiah. Kemudian jenis tanaman center berukuran besar seperti Kamboja Bali, Pulle, Ketapang, dan lainnya dipatok dengan harga yang beragam mengikuti diameter batangnya. Untuk jasa pembuatan taman, Kebon's Agro mematok harga minimal 1,5 juta rupiah dengan luasan lahan minimal 15 meter persegi. Harga tersebut sudah termasuk garansi taman selama 1 bulan. Selain itu, Kebon's Agro juga menyediakan jasa dekorasi by event dengan harga mulai dari 350 ribu hingga 750 ribu rupiah per meternya. “Sejak awal berdirinya Mitra Tani hingga sekarang, segmen pasar yang telah diserap cukup beragam. Mulai dari konsumen pribadi, developer perumahan, bank, instansi pemerintahan, hingga universitas di Jogja dan sekitarnya. Tentu saja dengan service yang akan tetap kami pertahankan sehingga harapannya usaha Kebon's Agro ini akan semakin berkembang,” pungkas Firman.Farhan-red

    Kebon's Agro Jogja
    Jalan Godean Km. 9, Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta
    Telp/WhatsApp: 081578056085 / 085743639840

    email: cv_mitratani_jogja@yahoo.co.id

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain